Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS DAN FUNGSI DINAS

berdasarkan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 51 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Dan Tata Ruang Kota Surabaya, maka Tugas dan Fungsi Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Dan Tata Ruang Kota Surabaya, adalah sebagai berikut :

Tugas

memiliki tugas melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan

Fungsi

a. Perumusan kebijakan teknis di bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman, keciptakaryaan dan Penataan Ruang;
b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud dalam ayat (1);
d. Pengelolaan ketatausahaan Dinas; dan
e. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas-tugas dan fungsinya.

 

TUGAS DAN FUNGSI BIDANG

I. Sekretariat

melaksanakan sebagian tugas Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Dan Tata Ruang di bidang kesekretariatan, sebagai berikut:

a. pelaksanaan koordinasi penyusunan perencanaan program,anggaran dan perundang-undangan;
b. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi umum dan administrasi perizinan/non perizinan/rekomendasi;
c. pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian;
d. pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan;
e. pelaksanaan penatausahaanBarang Milik Daerah;
f. pelaksanaan urusan rumah tangga, dokumentasi, hubunganmasyarakat, dan protokol;
g. pelaksanaan pengelolaan kearsipan dan perpustakaan;
h. pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas Bidang;
i. pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja sekretariatyang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis
j. pelaksanaan koordinasi pelaporan indikator kinerja dinas yangtertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
k. pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan;
l. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporanpelaksanaan tugas;
m. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

II.  BidangPemetaan dan Tata Ruang

melaksanakan sebagain tugas Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Dan Tata Ruang, sebagai berikut:

a.penyelenggaraan teknis perizinan/rekomendasi serta kemitraansesuai Bidangnya;
b. penyelenggaraan rencana program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
c. penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis serta peraturan di bidang penataan ruang wilayah Kota;
d. pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain sesuai bidangnya;
e. pengawasan dan pengendalian sesuai bidangnya;
f. pelaksanaan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU);
g. pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja bidang yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
h. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

III. Bidang Bangunan Gedung

melaksanakan sebagian tugas Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Dan Tata Ruang di bidang Permukiman, sebagai berikut:

a.penyelenggaraan teknis perizinan/rekomendasi serta kemitraansesuai bidangnya;
b. penyelenggaraan rencana programdan petunjuk teknis sesuaibidangnya;
c. pelaksanaan koordinasi dankerjasama dengan lembaga daninstansi lain sesuai bidangnya
d. penyelenggaraan bangunan gedung di wilayah kota;
e. pengawasan dan pengendalian sesuai bidangnya;
f. pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja bidang yangtertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
g. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinassesuai dengan tugas dan fungsinya.

IV. Bidang Perumahan dan kawasan permukiman

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Dan Tata Ruang, sebagai berikut :

a. penyelenggaraan teknis perizinan/rekomendasi serta kemitraan sesuai Bidangnya;
b. penyusunan rencana program dan petunjuk teknis serta memfasilitasi penyelenggaraan perumahan dan kawasanpermukiman;
c. penyelenggaraan dan peningkatan kualitas perumahan di wilayah kota termasuk penyelenggaraan rumah susun sederhana sewa;
d. penyelenggaraan dan peningkatan kualitas infrastruktur kawasan perumahan dan permukiman di wilayah kota;
e. pelaksanaan dan koordinasi penataan, penanganan dan peningkatan kualitas infrastruktur kawasan permukimankumuh/prioritas di wilayah kota;
f. pelaksanaan pembangunan (rehabilitasi) jalan lingkungan dankelengkapannya;
g. pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga daninstansi lain sesuai bidangnya;
h. pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja bidang yangtertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
i. pelaksanaan tugas-tugas lainyang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

V. Bidang Tata Bangunan

a.penyelenggaraan teknis perizinan/rekomendasi serta kemitraansesuai Bidangnya;
b. penyelenggaraan rencanaprogram dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
c. pelaksanaan koordinasi dankerjasama dengan lembaga dan instansi lain sesuai bidangnya;
d. pelaksanaan pengawasan dan pengendalian sesuai bidangnya;
e. pelaksanaan penataan dan pengendalian terhadap perizinan bangunan di wilayah kota;
f. pelaksanaan sosialisasi terkait pemenuhan persyaratan tata bangunan dan persyaratan keandalan bangunan di wilayah kota;
g. pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja bidang yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
h. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.